Kusen Aluminium Dengan Kelebihan dan Kekurangan nya

Teknologi dan berbagai penemuan memberi lebih banyak kesempatan dan alternatif untuk melakukan sesuatu. Hal yang sama juga terjadi pada banyaknya alternatif dan pilihan ketika akan membangun rumah mulai dari bahan yang digunakan hingga desain rumah yang dibuat. Ada banyak material baru yang digunakan untuk memudahkan proses membangun rumah hingga menciptakan konstruksi rumah yang lebih baik dan kuat. Penggunaan kusen aluminium merupakan salah satu aplikasi teknologi dimana proses mengolah aluminimum dan perkembangan desain memungkinkan untuk menggunakan bahan logam tersebut untuk menggantikan bahan – bahan lain yang sebelumnya lebih dahulu lazim digunakan. Bahan logam menawarkan beberapa keuntungan untuk menggantikan bahan – bahan lain seperti kayu, namun juga memiliki kelemahan – kelemahan tertentu.

Pemilik rumah yang tengah melakukan renovasi atau calon pemilik rumah yang tengah membangun rumah dapat mempertimbangkan penggunaan kusen berbahan aluminium sebagai alternatif pengganti kusen berbahan kayu yang telah lebih dahulu lazim digunakan. Ada beberapa pertimbangan untuk menggunakan kusen berbahan aluminium dibandingkan dengan kusen berbahan kayu seperti aspek durability atau ketahan serta aspek ramah lingkungan dimana penggunaan kusen aluminium akan mengurangi konsumsi penggunaan bahan kayu untuk membangun rumah. Sebagai bahan pertimbangan lain; ada baiknya calon pengguna kusen aluminium untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kusen berbahan aluminium jika dibandingkan dengan kusen berbahan kayu.

Kelebihan kusen aluminium yang paling utama dibandingkan dengan kusen kayu adalah daya tahan terhadap cuaca terutama kelembaban. Bahan aluminium tidak akan banyak terpengaruh dengan perubahan suhu; sedangkan bahan kayu dapat mengalami penyusutan ataupun menjadi melengkung akibat perubahan suhu dan kelembaban. Selain itu bahan aluminium juga tidak aakan bermasalah dengan hama berupa rayap. Bahan aluminium juga lebih ringan namun tetap kuat sehingga tidak membutuhkan solusi transportasi yang sulit untuk keperluan mengangkut atau memindahkannya. Kusen berbahan aluminium juga dapat dikatakan lebih ekonomis karena memiliki harga yang bersaing namun mudah dalam proses pembuatan, pemasangan dan juga perawatan dalam jangka panjang jika dibandingkan dengan kusen berbahan kayu.

Di sisi lain; kusen aluminium juga tetap memiliki beberapa kelemahan seperti minimnya variasi bentuk jika dibandingkan dengan kusen berbahan kayu yang lebih mudah diolah menjadi berbagai bentuk. Pemasangan kusen berbahan aluminium lebih mengandalkan pada kekuatan sekrup yang dibor dan dipasang pada dinding; dibutuhkan ketelitian dan tingkat presisi tinggi guna memasang kusen berbahan aluminium dengan baik. Untuk aplikasi jendela atau pintu dengan kaca; pemasangan kaca dan lapisan karet sealant menjadi perhatian penting karena pemasangan yang kurang rapi atau kurang teliti dapat mengakibatkan kebocoran air ketika mengalami tempias air hujan. Kondisi lingkungan dan juga konsep rumah dapat menjadi dasar pertimbangan bagi siapapun untuk menggunakan kusen berbahan aluminium ataupun kayu.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *