Kusen Pintu Aluminium sebagai Pengganti Kusen Pintu berbahan Kayu

Dewasa ini, marak dengan peristiwa pemanasan global. Salah satu penyebabnya adalah penebangan liar yang berdampak pada hilangnya hutan tropis. Oleh karena itu, penggunaan bahan dari kayu mulai berkurang. Saat ini sangat sulit pula untuk menemukan kayu yang berkualitas. Bila pun ada, harga kayu tersebut sangat mahal. Hal tersebut yang memicu masyarakat untuk mulai meninggalkan penggunaan kayu sebagai material penyusun bangunan. Dewasa ini hampir setiap rumah tinggal khususnya di daerah perkotaan menggunakan kuda-kuda baja ringan sebagai pengganti kuda-kuda kayu. Demikian pula dengan penggunaan kusen, khususnya kusen pintu.

Pada dasarnya, kusen pintu berbahan kayu memang memiliki aspek estetis yang cukup tinggi, tetapi dengan adanya fenomena langkanya kayu yang berkualitas membuat sebagian besar masyarakat berpikir untuk menggunakan material non kayu sebagai bahan kusen pintu yang lebih modern dan ringan. Di pasaran, tersedia beberapa pilihan material non kayu yang dapat dijadikan sebagai kusen pintu, antara lain aluminium, baja, pvc, dan upvc. Pilihan terbanyak jatuh pada kusen pintu dengan bahan aluminium. Kelebihan kusen pintu aluminium adalah sebagai berikut :

Kusen Pintu Aluminium sebagai Pengganti Kusen Pintu berbahan Kayu

1. Tahan Keropos

Karena tidak dimungkinkan untuk dimakan rayap. Bila dibandingkan dengan kusen pintu berbahan kayu yang cukup mahal dan langka, harga kusen pintu aluminium lebih murah dan bahan cukup kuat.

2. Tahan Lama

Bahan aluminium lebih tahan lama, tidak akan mengalami penyusutan seperti bahan kayu dan tidak mengalami perubahan bentuk akibat perubahan cuaca.

3. Modern

Kusen pintu aluminium dapat dilapisi cat dengan warna kayu atau bahkan motif kayu sehingga menyerupai kayu. Kusen pintu aluminium memberi kesan modern tetapi tetap ramah lingkungan.

4. Ringan & Kuat

Kusen aluminium memiliki bobot yang ringan dan kuat sehingga mudah dipindahkan, mudah pemasangannya, dan membutuhkan waktu yang singkat untuk instalasinya dibandingkan dengan kusen pintu kayu. Perawatan kusen pintu aluminium lebih sederhana bila dibandingkan dengan kusen pintu kayu.

5. Harga Ekonomis

Ekonomis, dalam hal biaya proses pembuatan dan pemasangan, serta perawatan. Oleh karena itu, harga kusen pintu aluminium lebih murah bila dibandingkan dengan kusen pintu kayu. Harga bervariasi sesuai dengan warna dan ketebalan. Harga berkisar dari Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 100.000 tiap meternya dengan kisaran ketebalan 3-4 inch. (Lihat Harga Pasang Kusen Aluminium Murah Terbaru Disini)

Kusen aluminium mempunyai cara pemasangan yang berbeda dengan kusen kayu. Kusen kayu dipasang setelah fondasi dan sloof selesai. Bila sloof sudah cukup kuat, maka kusen kayu disetel di atasnya dengan menggunakan penopang dari kayu. Setelah disetel dengan baik, material penyusun dinding seperti batu bata dipasang di kiri dan kanan kusen. Berbeda dengan kusen pintu aluminium yang pemasangannya dilakukan setelah dinding finish betul dan tinggal menyisakan pekerjaan pengecatan. Pada dinding bata yang telah diplester dan diaci, dipersiapkan lubang yang ukurannya sudah sesuai dengan besarnya pintu. Lubang tersebut sebelumnya telah difinish rapi bagian sudut-sudutnya dengan semen. Semen yang digunakan harus semen yang baik, apabila tidak menggunakan semen yang baik, maka bagian tepi lubang akan mudah rusak saat terkena benturan. Setelah finishing kering, kusen aluminium disetel pada lubang tersebut.

Dengan harga kusen pintu aluminium yang lebih murah, Anda  bisa mengalokasikan untuk biaya konstruksi yang lain. Anda juga sudah bisa memiliki kusen pintu yang modern, memiliki nilai estetis, dan tahan lama. (Lihat Harga Kitchen Set Murah Terbaru 2017 Disini)

Save

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *