cara-menghitung-biaya-pembuatan-kitchen-set-minimalis

Cara Mudah Menghitung Biaya Pembuatan Kitchen Set Minimalis Untuk Rumah & Apartemen

Mungkin ada banyak yang bingung bagaimana cara menghitung biaya pembuatan kitchen set, disini saya akan coba menjelaskan bagaimana menghitung biaya pembuatan kitchen set
 
Biaya pembuatan kitchen set dapat dihitung dari :
 
1. Design & Model kitchen set yang akan dibuat.
2. Jenis bahan dan Matrial kitchen set yang digunakan.
3. Finishing yang digunakan untuk kitchen set.
4. Luas/bidang kitchen set yang akan dibuat.
 
Dari ke empat kriteria tersebut maka kita dapat menentukan dan menghitung harga pembuatan kitchen set dan harga dihitung dari satuan per meter larinya. (Lihat Model Kitchen Set Minimalis Terbaru Disini). Meter lari adalah satuan panjang total bidang terluar dari kitchen set lalu di kurangi lebar kedalaman nya.
 
Didalam pembuatan kitchen set, Harga per-meter lari sebuah kitchen set dihitung dari luas area pembuatan lemari kabinet (termasuk matrial dasar+jenis finishing+biaya pasang) sedangkan untuk peralatan dan accessoris tidak termasuk kedalam per hitungan harga biaya pemasangan kitchen set, contoh peralatan seperti Microwave , Cookerhood, Kompor gas, Kulkas, Lampu, Top Table, Sink (tempat cuci piring aluminium) penggunaan engsel khusus/hidrolik dan lain sebagainya.
 
 
Harga Penawaran Pembuatan Kitchen Set di “Petra Kitchen Set” adalah :
 
1. Material dasar Multiplek + Finishing lapis HPL* adalah Rp. 1.8jt – 2jt /m lari.
2. Material dasar Block Min + Finishing lapis HPL* adalah Rp. 1.5jt – 1.8 /m lari.
3. Material dasar Multiplek + Finishing Cat Duco* adalah berkisar Rp. 2.2jt – 2,7jt /m lari.
*Bahan Taco Sheet, HPL dan Cat Duco harganya akan bervariasi dapat disesuaikan dengan jenis, motif, warna dan sebagainya.
 
cara menghitung biaya pembuatan kitchen set
 
Cara Mudah Menghitungan Biaya Pembuatan Kitchen Set:
 
CONTOH KASUS PERTAMA :
 
Kita pakai Contoh gambar di atas Dengan kondisi dapur sudah ada table top yang sudah menggunakan beton dilapis keramik.
Budget Bahan dasar Multiplex + Finishing HPL dan biaya per-meter lari adalah Rp. 1.800.000,-
 
Untuk mendapatkan total harga pembuatan kitchen set kita harus menghitung dua bagian yaitu Kabinet Atas dan Kabinet Bawah :
Kabinet Atas : Jumlah kan panjang kabinet atas yang akan dibuat yaitu: 200 + 160 cm = 360 cm Dari hasil tersebut kita kurangi dengan lebar kabinet atas: 360cm – 40cm (lebar kabinet bagian atas) = 320cm (3,2m) Total harga: 3,2 x Rp. 1.800.000 = Rp. 5.760.000
 
Kabinet Bawah: Jumlah kan kembali panjang kabinet bawah:  200 – 160 cm = 360 cm Dari hasil tersebut kita kurangi dengan lebar kabinet bawah: 360 – 60 cm (lebar kabinet bagian bawah) = 300cm (3m) , Maka: 3 x 1.800.000 = Rp. 5.400.000 , Total harga:  5.400.000 x 0,8 (ketebelan table top beton keramik yang sudah ada) = Rp. 4.320.000
 
Jadi total biaya pembuatan kitchen set dengan asumsi gambar contoh di atas adalah :
Kabinet Atas + Kabinet Bawah = Rp. 5.760.000 + Rp. 4.320.000 = Rp. 10.080.000,-
Gambar Contoh di atas adalah dimana bagian bawah kitchen set sudah ada top table dengan menggunakan beton yang sudah ada keramiknya, jadi kami hanya tinggal membuat pintu atau cabinet saja untuk menutupnya. Dengan begitu anda sudah bisa menghemat biaya top table nya dengan hitungan lebih murah berkisar Rp. 800.000 sampai dengan Rp. 1.000.000.
 
CONTOH KASUS KEDUA :
 
Masih pakai contoh gambar diatas dengan kondisi dapur masih kosong
Budget1. Bahan dasar Multiplex + Finishing HPL dan biaya per-meter lari adalah Rp. 1.800.000,- 2. Table Top ingin menggunakan Granit
 
Untuk mendapatkan total harga pembuatan kitchen set kita harus menghitung dua bagian yaitu  Kabinet Atas dan Kabinet Bawah :
Kita akan mencoba menghitung biaya kitchen set dengan asumsi ukuran yang pertama, dan cara menghitung masih sama seperti contoh kasus pertama.
 
Kabinet Atas : Kita jumlahkan panjang kabinet atas yang akan dibuat yaitu: 200 + 160cm = 360cm Dari hasil tersebut kita kurangi dengan lebar kabinet atas: 360 – 40 cm (lebar kabinet bagian atas) = 320cm (3,2m) Total harga: 3,2 x 1.800.000 = Rp. 5.760.000,-
Kabinet Bawah : Kita jumlahkan kembali panjang kabinet bawah:  200 + 160 cm = 360 cm Dari hasil tersebut kita kurangi dengan lebar kabinet bawah: 360 – 60 cm (lebar kabinet bagian bawah) = 300cm (3m) Total harga:  3 x 1.800.000 = Rp. 5.400.000
GRANIT Penambahan pemasangan untuk top table granit akan dihitung terpisah. Contoh salah satu harga Granit Rp. 1.300.000/m*
 
Cara menghitungnya adalah: Kita jumlahkan panjang top table yang akan dibuat yaitu: 200 + 160 cm = 360 cm Dari hasil tersebut kita kembali kurangi dengan lebar top table: 360 – 60 cm (lebar table top) = 300cm (3m) Total harga: 3 x 1.200.000 = Rp. 3.600.000,-
Maka total biaya pembuatan kitchen set dengan asumsi di atas adalah : Kabinet Atas + Kabinet Bawah + Table Top Granit adalah 5.760.000 + 5.400.000 + 3.600.000 = Rp. 14.760.000,-
*Untuk harga granit setiap meter larinya berbeda beda tergantung jenis dan motifnya.
 
Demikian informasi yang bisa kami berikan tentang cara mudah menghitung biaya pembuatan kitchen set minimalis untuk rumah & apartemen, semoga bermanfaat 🙂 (Lihat Daftar Harga Murah Kitchen Set Minimalis Disini)

Save

Save

Save

Harga Biaya Pasang Kusen Aluminium Murah Terbaru

Mengetahui harga biaya pasang kusen aluminium murah terbaru, tentunya penting, teutama untuk Anda yang saat ini sedang membangun rumah, dan ingin menggunakan material kusen dari bahan aluminium.

Keunggulan kusen aluminium

Kusen sendiri adalah frame yang biasanya digunakan untuk bingkai jendela atau bingkai pintu, atau jendela dan pintu dapat dibuka dengan baik. Di Indonesia sendiri material kusen ini terdiri atas beberapa jenis, antara lain dari kayu, UPCV dan juga aluminium. Masing-masing jenis mempunyai kelebihan dan harga yang cukup beragam, Anda sebagai konsumen dapat memilih jenis yang dirasa paling tepat. (Lihat Juga Alasan Kenapa Kusen Aluminium Menggantikan Kusen Kayu)

Harga Biaya Pasang Kusen Aluminium Murah Terbaru

Tapi jika Anda menggunakan material kusen dari bahan aluminium, maka keunggulannya cukup banyak dibandingkan dengan bahan lainnya, yaitu :

  1. Tahan lama

Keuntungan utama dari bahan ini adalah tahan lama, terutama jika dibandingkan dengan kayu. Ketika Anda menggunakan kusen dari kayu, maka bahan yang satu ini, sangat mudah dimakan rayap. Itu sebabnya, kusen yang satu ini cepat rusak, dan lapuk. Berbeda halnya, jika Anda menggunakan kusen dari aluminium, bahan yang satu ini tidak akan mudah dimakan rayap. Karena tebuat dari aluminium, maka kusen ini tahan terhadap cuaca, dan tahan lama. (Kunjungi Artikel Pemasangan Kusen Aluminium Disini)

  1. Mudah didesain

Mendesain kusen dari bahan aluminium ini juga tidak sulit. karena biasanya sudah ada standar pabrikan tersendiri. Anda hanya perlu menghitung, berapa jumlah kusen yang diperlukan, dan memasangnya.

  1. Mudah diaplikasikan

Material ini juga mudah untuk diaplikasikan. Anda hanya perlu membeli material yang dibutuhkan, kemudian mengukur dan memasangnya. Akan berbeda halnya jika Anda mneggunakan kusen dari bahan kayu, selain proses pemasanganya cukup sulit, juga membutuhkan proses yang tidak sebentar.

 

Harga kusen aluminium

Untuk masalah harga biaya pasang kusen aluminium murah terbaru, ini juga cukup beragam, hal ini tergantung pada :

  1. Material aluminium yang digunakan

Ada sekitar 3 jenis aluminium yang dapat Anda pilih, yaitu jenis Alexindo, Superex dan terakhir adalah YKK. Setiap jenis mempunyai keunggulan serta harga yang berebda-beda. Adapun warna yang disediakan untuk kusen aluminium ini juga cukup beragam, seperti warna silver, putih, coklat, dan juga urat kayu. (Lihat Juga Harga Pasang Kitchen Set Murah Disini)

  1. Jumlah material yang digunakan

Perhatikan juga ukuran dan jumlah material yang hendak Anda gunakan untuk membuat kusen tersebut. Ukuran aluminium kusen ada 2 macam, yaitu ukuran 3 inch dan ukuran 4 inch. Sedangkan jumlahnya tentunya tergantung kebutuhan dalam membuat kusen tersebut.

  1. Penyedia jasa yang digunakan

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah memilih penyedia jasa pembuat kusen yang berkualitas, dengan harga yang terjangkau. Untuk memilih penyedia pembuat kusen  berdasarkan harga biaya pasang kusen aluminium murah terbaru

Save

Save

Save

Save

harga-kitchen-set-per-meter

Harga Kitchen Set Per Meter Murah Terbaru

Kitchen set merupakan satu set perabot rumah tangga yang biasa digunakan untuk memasak, tetapi juga bisa digunakan untuk mencuci piring, menaruh peralatan masak agar terlihat lebih rapih. Dan sekarang, kami akan membagikan harga kitchen set per meter :

Dapur adalah ruangan di dalam rumah yang sering dipakai sehingga desain dan bahan kitchen set seharusnya diperhatikan. Bagi Ibu rumah tangga, dapur adalah ruangan dimana Anda akan mengeksplorasi kemampuan memasak. Desain dan bahan yang tepat akan membuat dapur menjadi nyaman ketika Anda gunakan untuk memasak. Kitchen set salah satunya dapat terbuat dari aluminium. Kitchen set aluminium ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan konsep kitchen set minimalis modern serta memiliki kekuatan yang tahan lama. Akhir-akhir ini, konsep kitchen set minimalis banyak digunakan untuk rumah dengan ukuran dapur yang tidak terlalu luas, dengan konsep yang sederhana , dan nyaman. (Jasa Pasang Kitchen Set Murah Di Daerah Bogor)

harga-kitchen-set-per-meter

Harga kitchen set minimalis  cukup terjangkau. Jika Anda memilih kitchen set minimalis murah, sebaiknya Anda mempertimbangkan hal-hal berikut.

  1. Pilihlah desain dua level dengan pintu. Lebih baik, pintu level bawah lebih aman bila menggunakan pintu geser, sedangkan pintu level atas menggunakan pintu terbuka seperti pada umumnya. Hal ini dipertimbangkan sesuai dengan daya jangkau tangan Anda. Pintu geser untuk bagian atas cukup susah untuk membukanya dan beresiko. Sebaliknya, pintu geser di bagian bawah lebih mudah untuk membuka dan menutupnya. (Lihat Juga Model Interior Design Yang Menarik Disini)
  2. Pastikan Anda tahu apa kebutuhan Anda. Pilihlah perabot yang perlu dan kurangi perabot yang tidak perlu dipakai agar perabot tidak menumpuk pada kitchen set minimalis. Pastikan juga bila Anda menyukai desain dan juga kombinasi warnanya sehingga tetap eye catching.
  3. Pastikan bahan aluminium tersebut adalah bahan aluminium yang terbaik sehingga lebih tahan lama. Selain bahan aluminium sebagai frame, pastikan pula bahan kombinasinya (umumnya bahan kaca) diperhatikan

Salah satu bahan kitchen set yang sering dipakai ialah bahan aluminium. Bahan aluminium cukup ringan dan memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bahan lain. Umumnya, digunakan untuk dapur restoran tetapi sekarang telah banyak digunakan untuk dapur rumah. Bahan aluminium ini dapat menghindarkan dapur Anda dari karat, karena sifat aluminium yang anti karat. Kelebihan lain dari kitchen set aluminium adalah mudah dibersihkan karena bahan tidak akan menyerap minyak atau noda. Cukup dengan mengelap, noda yang menempel akan hilang, sehingga perawatan dapur tidak terlalu sulit. Kitchen set berbahan aluminium lebih mudah diperbaiki atau didaur ulang dengan menggunakan mur dan baut, sehingga memudahkan untuk bongkar pasang bagian-bagian yang mengalami kerusakan. (Lihat 3 Manfaat Memasang Kitchen Set Di Dapur Rumah Anda)

Bila dibandingkan dengan kitchen set berbahan kayu, kelebihan kitchen set berbahan aluminium adalah sebagai berikut.

  1. Kitchen set dengan bahan aluminium cukup kuat dan tidak mudah keropos, bila dibandingkan dengan bahan kayu yang rentan termakan rayap.
  2. Bahan aluminium adalah bahan yang tahan air, sehingga lebih tahan lama dan tidak mudah rusak karena faktor kelembaban, cuaca, ataupun faktor yang lain. Bahan aluminium juga tidak mudah terbakar.
  3. Kitchen set berbahan aluminium bisa dipercantik dengan memadukan warna sesuai selera. Dengan begitu, ruangan dapur lebih menarik dan sangat eye catching.Save

Save

Save

Kusen Pintu Aluminium sebagai Pengganti Kusen Pintu berbahan Kayu

Dewasa ini, marak dengan peristiwa pemanasan global. Salah satu penyebabnya adalah penebangan liar yang berdampak pada hilangnya hutan tropis. Oleh karena itu, penggunaan bahan dari kayu mulai berkurang. Saat ini sangat sulit pula untuk menemukan kayu yang berkualitas. Bila pun ada, harga kayu tersebut sangat mahal. Hal tersebut yang memicu masyarakat untuk mulai meninggalkan penggunaan kayu sebagai material penyusun bangunan. Dewasa ini hampir setiap rumah tinggal khususnya di daerah perkotaan menggunakan kuda-kuda baja ringan sebagai pengganti kuda-kuda kayu. Demikian pula dengan penggunaan kusen, khususnya kusen pintu.

Pada dasarnya, kusen pintu berbahan kayu memang memiliki aspek estetis yang cukup tinggi, tetapi dengan adanya fenomena langkanya kayu yang berkualitas membuat sebagian besar masyarakat berpikir untuk menggunakan material non kayu sebagai bahan kusen pintu yang lebih modern dan ringan. Di pasaran, tersedia beberapa pilihan material non kayu yang dapat dijadikan sebagai kusen pintu, antara lain aluminium, baja, pvc, dan upvc. Pilihan terbanyak jatuh pada kusen pintu dengan bahan aluminium. Kelebihan kusen pintu aluminium adalah sebagai berikut :

Kusen Pintu Aluminium sebagai Pengganti Kusen Pintu berbahan Kayu

1. Tahan Keropos

Karena tidak dimungkinkan untuk dimakan rayap. Bila dibandingkan dengan kusen pintu berbahan kayu yang cukup mahal dan langka, harga kusen pintu aluminium lebih murah dan bahan cukup kuat.

2. Tahan Lama

Bahan aluminium lebih tahan lama, tidak akan mengalami penyusutan seperti bahan kayu dan tidak mengalami perubahan bentuk akibat perubahan cuaca.

3. Modern

Kusen pintu aluminium dapat dilapisi cat dengan warna kayu atau bahkan motif kayu sehingga menyerupai kayu. Kusen pintu aluminium memberi kesan modern tetapi tetap ramah lingkungan.

4. Ringan & Kuat

Kusen aluminium memiliki bobot yang ringan dan kuat sehingga mudah dipindahkan, mudah pemasangannya, dan membutuhkan waktu yang singkat untuk instalasinya dibandingkan dengan kusen pintu kayu. Perawatan kusen pintu aluminium lebih sederhana bila dibandingkan dengan kusen pintu kayu.

5. Harga Ekonomis

Ekonomis, dalam hal biaya proses pembuatan dan pemasangan, serta perawatan. Oleh karena itu, harga kusen pintu aluminium lebih murah bila dibandingkan dengan kusen pintu kayu. Harga bervariasi sesuai dengan warna dan ketebalan. Harga berkisar dari Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 100.000 tiap meternya dengan kisaran ketebalan 3-4 inch. (Lihat Harga Pasang Kusen Aluminium Murah Terbaru Disini)

Kusen aluminium mempunyai cara pemasangan yang berbeda dengan kusen kayu. Kusen kayu dipasang setelah fondasi dan sloof selesai. Bila sloof sudah cukup kuat, maka kusen kayu disetel di atasnya dengan menggunakan penopang dari kayu. Setelah disetel dengan baik, material penyusun dinding seperti batu bata dipasang di kiri dan kanan kusen. Berbeda dengan kusen pintu aluminium yang pemasangannya dilakukan setelah dinding finish betul dan tinggal menyisakan pekerjaan pengecatan. Pada dinding bata yang telah diplester dan diaci, dipersiapkan lubang yang ukurannya sudah sesuai dengan besarnya pintu. Lubang tersebut sebelumnya telah difinish rapi bagian sudut-sudutnya dengan semen. Semen yang digunakan harus semen yang baik, apabila tidak menggunakan semen yang baik, maka bagian tepi lubang akan mudah rusak saat terkena benturan. Setelah finishing kering, kusen aluminium disetel pada lubang tersebut.

Dengan harga kusen pintu aluminium yang lebih murah, Anda  bisa mengalokasikan untuk biaya konstruksi yang lain. Anda juga sudah bisa memiliki kusen pintu yang modern, memiliki nilai estetis, dan tahan lama. (Lihat Harga Kitchen Set Murah Terbaru 2017 Disini)

Save